Kamis, 17 Mei 2012

Membantu Tetangga dan Anak Yatim


                                               Membantu Tetangga dan Anak Yatim

         Pd suatu ktk Abdullah bin Mubarak brhaji, tdk trs ia trtidur di Masjidil Haram. Dlm tidurnya, ia tlah brmimpi melihat dua malaikat turun dr langit. Malaikat yg satu brkt kpd yg lain, “Brp banyak orang2 yg brhaji pd thn ini?”
         Jwb malaikat yg lain, “Enam ratus ribu.”
         Lalu ia brtanya lg, “Brp banyak yg diterima?”
         Jwbnya, “Tdk seorang pun yg diterima, hanya ada tukang sepatu dr Damsyik brnama  Muwaffaq. Dia tdk dpt brhaji, tetapi diterima hajinya shg semua yg haji pd thn itu diterima dg berkat hajinya Muwaffaq.”
         Ktk  Abdullah bin Mubarrak mndengar prcakapannya itu, mk ia trbangun dr tidurnya, dan langsung berangkat ke Damsyik mncari orang yg brnama Muwaffaq. Ktk sampai di rmhnya, ia segera mengetuk pintu rmh tsb. Seorang lelaki keluar dr rmh itu dan segera ia menanyakn nama orang yg keluar dr pintu tsb.
         Jwb orang itu, “Muwaffaq.”
         Lalu Abdullah bin Mubarak brtanya kpdnya,  “Kebaikan apa yg tlah engkau lakukan shg mncapai derajat yg sedemikian itu?”
         Jwb Muwaffaq, “Sblmnya aku mempunyai keinginan brhaji, krn keadaanku yg kekurangan, mk aku tdk dpt menunaikannya. Namun, scr tiba2 aku mndptkn uang tiga ratus dirham dr pekerjaanku membuat dan menambal sepatu. Lalu, aku brniat haji pd thn ini, sementara isteriku sdg hamil. Suatu hari, isteriku mncium bau makanan dr rmh tetanggaku. Isteriku menginginkn makanan itu. Mk, aku pun pergi ke rmh tetanggaku dan menyampaikn tujuan sebenarnya kpd wanita tetanggaku itu.
         Jwb tetanggaku, “Aku trpaksa membuka rahasiaku. Sbenarnya anak2 yatim yg ada dgnku sdh tiga hari tanpa makanan. Oleh krn itu, aku keluar mncr makanan utk mrk. Tiba2 aku menemukn bangkai himar di suatu tempat. Aku potong sebagiannya dan membawanya pulang utk dimasak. Mk, makanan ini halal bg kami dan haram utkmu.”
         Ktk mndengar jwbn itu, aku segera kembali ke rmh dan mengambil uang tiga ratus dirham dan kuserahkn kpd tetanggaku itu sambil memintanya utk membelanjakan uang itu demi kebutuhan anak2 yatim yg ada pdnya.
         “Sbenarnya hajiku adlh di depan pintu rmhku,” kt Muwaffaq lg.
         Demikianlah cerita yg sangat brkesan bhw membantu tetangga yg dlm kelaparan, pahalanya sangat besar. Apalagi jk didlmnya trdpt anak2 yatim.
         Rasulullah pernah ditanya, “Ya Rasulullah tunjukkn kpdku amal prbuatan yg bila kuamalkn akan masuk surga.”
         Rasulullah mnjwb, “Jadilah kamu orang yg baik.”
         Orang itu brtanya lg, “Ya Rasulullah, bgmn dpt aku ketahui bhw aku tlah brbuat baik?”
         Jwb Rasulullah, “Tanyakn pd tetanggamu. Bila mrk brkt bhw engkau baik, mk engkau benar2 baik. Apabila mrk brkt engkau jahat, mk engkau sebenarnya jahat.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar