Senin, 12 Maret 2012

Permohonan Si Kaya dan Si Miskin


                                                    Permohonan Si Kaya dan Si Miskin

         Nabi Musa a.s. memiliki umat yg jumlahnya sangat banyak dan umur mrk panjang2. Mrk ada yg kaya dan ada jg yg miskin. Suatu hari ada seorang yg miskin datang menghadap Nabi Musa a.s. Ia begitu miskin pakaiannya, terlihat compang-camping dan sangat lusuh berdebu. Si Miskin itu kemudian brkt kpd Nabi Musa a.s., “Ya Nabiullah, Kalamullah, tolong sampaikan kpd Allah swt. permohonanku ini agar Allah swt. menjdkn aku orang yg kaya.”
         Nabi Musa a.s. trsenyum dan brkt kpd orang itu, “Saudaraku, banyak2lah kamu bersyukur kpd Allah swt.”
         Si Miskin itu agak terkejut dan kesal, lalu ia brkt, “Bgmn aku bisa banyak brsyukur, makan saja jarang kulakukan, dan pakaian yg aku gunakan pun hanyalah satu lembar ini saja.” Akhirnya, si miskin itu pulang tanpa mendapatkn apa yg diinginknnya.
         Bbrp waktu kemudian seorang yg kaya datang menghadap Nabi Musa a.s. Orang tsb terlihat badannya sangat bersih dan pakaiannya jg rapi. Ia brkt kpd Nabi Musa a.s., “Wahai Nabiullah, tolong sampaikn kpd Allah swt. permohonanku ini agar aku menjd orang yg miskin. Trkadang aku mrs terganggu dg hartaku itu.” 
         Nabi Musa a.s. pun tersenyum dan ia brkt, “Wahai saudaraku, jgnlah kamu brsyukur kpd Allah swt.”
         “Ya Nabiullah, bgmn aku tdk brsyukur kpd Allah swt.? Allah swt. tlah memberiku  mata shg aku dpt melihat. Telinga membuatku dpt mndengar. Allah swt. tlah memberiku tangan shg aku dpt bekerja. Allah swt. jg tlah memberiku kaki shg aku dpt brjln. Dg sgl kenikmatan yg ada itu, bgmn mgkn aku tdk mensyukurinya,” jwb si kaya.
         Akhirnya si kaya pulang ke rmhnya. Selanjutnya, peristiwa yg trjd adlh si kaya semakin ditambah kekayaannya oleh Allah swt. krn ia selalu brsyukur. Sdgkn si miskin mnjd brtambah miskin. Allah swt. mengambil semua kenikmatan dr si miskin shg ia tdk memiliki selembar pun pakaian yg melekat di tubuhnya. Hal ini trjd krn ia tdk mau brsyukur kpd Alllah swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar